BERITA
  • 29 Agustus 2019
  • 0 Komentar
  • 116 Kali Dilihat
Aparatur Pekon Dari Berbagai Daerah di Sumatera Belajar Tata Kelola Keuangan di Pekon Tulungagung

 

Balai Pemerintahan Desa (Pemdes) di Lampung melakukan pelatihan bagi aparatur desa di wilayah Sumatera. Salah satu kegiatan pelatihan adalah studi banding tata kelola keuangan desa dengan mengunjungi Pekon Tulungagung, Kecamatan Gadingrejo, Kamis (29 Agustus 2019).

Kepala Seksi Pelatihan Keuangan dan Aset Desa Balai Pemdes, Kurniawan Saputra menilai Pekon Tulungagung sudah layak baik dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun faktor penunjang lainnya. “Untuk itu kami membawa rekan-rekan dari aparatur desa dari berbagai daerah di Sumatera untuk belajar tentang tata kelola keuangan desa dan menggali lebih mendalam tentang siskeudes,” ujarnya.

Dirinya menyebut ada 30 orang peserta yang hadir dari berbagai wilayah, seperti Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bangka Belitung, Jambi dan Bengkulu. Sedangkan untuk Provinsi Lampung ada yang berasal dari berbagai kabupaten, seperti Tulang Bawang, Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Pesawaran dan Way Kanan.

Dalam paparanya, Kabid Pembangunan dan Pengembangan Pekon Dinas PMP Pringsewu Tri Haryono, mengungkapkan pengelolaan keuangan merupakan unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, tak terkecuali di tingkat pekon. “Pengelolaan keuangan harus dilakukan secara transparan dan akuntable sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Gadingrejo Yuli Susapto, S.E., M.M., mengatakan dengan adanya program Dana Desa, diperlukannya sistem pengelolaan keuangan desa yang profesional, tertib, transparan dan akuntabel, demi terselenggaranya pemerintahan pekon yang baik, “Sebab itu, pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan BPKP Pusat membuat suatu sistem aplikasi keuangan desa (Siskeudes), guna mengatasi permasalahan-permasalahan dalam pengelolaan keuangan tersebut,” ujarnya.

Kepala Pekon Tulung Agung, Darmawan memaparkan berbagai program-program, sejarah dan potensi unggulan yang ada di Pekon Tulangagung. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara aparatur pekon Tulungagung dengan para peserta kunjungan.