BERITA
  • 06 Mei 2020
  • 0 Komentar
  • 269 Kali Dilihat
Wabup Pringsewu Tinjau Kegiatan PSN di Gadingrejo

Dalam rangka mencegah serta meminimalisir penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti sekaligus pencegahan penyebaran Covid-19, Petugas Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) UPT Puskesmas Gadingrejo bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pekon Gadingrejo melakukan sosialisasi sekaligus fogging di Pekon Gadingrejo, Kecamatan Gadingrejo, Selasa (5/5/20).

Wakil Bupati Pringsewu Dr.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA berkesempatan meninjau sekaligus memantau kegiatan tersebut, dan bahkan mengunjungi kediaman Lasimun, salah satu warga yang terkena DBD di Dusun 8 RT 02 Pekon Gadingrejo. 

Wabup Pringsewu didampingi Camat Gadingrejo Yuli Susapto beserta uspika dan kapekon beserta pamong setempat meminta masyarakat agar selalu waspada menghadapi DBD, terlebih di tengah-tengah pandemi Covid-19. Ia mengajak masyarakat untuk melakukan kegiatan bersih-bersih secara bergotong royong dalam rangka mencegah penularan dan penyebaran penyakit DBD.

Upaya yang dapat dilakukan guna mencegah DBD, menurut Fauzi, yakni dengan menguras tempat-tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air, memanfaatkan dan mendaur ulang barang bekas, serta plusnya adalah mencegah perkembangbiakan nyamuk, dengan memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kasa pada ventilasi, tidak menggantung pakaian dalam kamar, serta menaburkan bubuk abate pada penampungan air.

Terkait wabah Covid-19, Fauzi juga meminta masyarakat tak panik, namun tetap waspada, dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, diantaranya dengan menjaga kebersihan, selalu mencuci tangan memakai sabun, makan makanan bergizi, menjaga jarak (physical distancing), tetap berada di rumah, serta memakai masker jika ada keperluan di luar rumah, serta mematuhi anjuran pemerintah protokol kesehatan yang ada. (*/Prokopim Kab. Pringsewu / Isnanto Hapsara)